Kamis, 20 September 2012

Perbedaan Pemimpin (Leader) dan Manajer



oleh Alpiadi Prawiraningrat

Diskursus tentang perbedaan pemimpin (leader) dan manajer memang tidak ada habisnya.  Salah satu sebabnya adalah satu peran tersebut tidak mungkin dilakukan tanpa keberadaan peran lain.  Pemimpin yang tidak bisa mengelola (to manage) akan gagal dalam kepemimpinannya, sementara manajer yang tidak bisa memimpin (to lead) akan gagal dalam aktivitas manajerialnya.  Namun sesungguhnya pemimpin (leader) dan manajer merupakan dua konsep yang berbeda dan terdapat perbedaan diantara keduanya. 
Pemimpin (leader) adalah seorang pemimpin yang mempunyai sifat-sifat kepemimpinan personality atau authority (berwibawa).  Ia disegani dan berwibawa terhadap bawahan atau pengikutnya karena kecakapan dan kemampuan serta didukung perilakunnya yang baik.  Pemimpin (leader) dapat memimpin organisasi formal maupun informal, dan menjadi panutan bagi bawahan (pengikut)nya.  Biasanya tipe kepemimpinannya adalah “partisipatif leader” dan falsafah kepemimpinannya adalah “pimpinan untuk bawahan”.
Sedangkan manajer juga merupakan seorang pemimpin, yang dalam praktek kepemimpinannya hanya berdasarkan “kekuasaan atau authority formalnya” saja.  Bawahan atau karyawan atau staf menuruti perintah-perintahnya karena takut dikenakan hukuman oleh manajer tersebut.  Manajer biasanya hanya dapat memimpin organisasi formal saja dan tipe kepemimpinannya ialah “autocratis leader” dengan falsafahnya ialah bahwa “bawahan adalah untuk pemimpin”.    
Perbedaan Manajer dan Pemimpin[1]
Manajer
Pemimpin

·         Mengelola
·         Dapat di cetak
·         Memelihara
·         Memfokuskan pada sistem dan struktur
·         Mengandalkan kontrol
·         Berorientasi jangka pendek
·         Bertanya bagaimana dan kapan
·         Berorientasi pada hasil
·         Meniru
·         Menerima status quo
·         Seperti tentara yang siap selalu diperintah
·         Melakukan dengan benar


·         Berinovasi
·         Tidak dapat di cetak
·         Mengembangkan
·         Memfokuskan pada orang-orang (bawahan)
·         Menumbuhkan kepercayaan
·         Memiliki perspektif jangka panjang
·         Bertanya apa dan mengapa
·         Berorientasi pada peluang-peluang masa depan
·         Menciptakan
·         Menentang status quo
·         Adalah dirinya sendiri
·         Melakukan hal yang benar


Lebih spesifik, perbedaan pemimpin (leader) dan manajer dapat dilihat dari tiga hal yang selalu berkaitan dengannya, yaitu: sumber kekuasaan yang diperoleh, bawahan, dan lingkungan kerja.
Berdasarkan sumber kekuasaan yang diperoleh, seorang manajer dipilih melalui jalur formal (seperti dipilih oleh komisaris atau direktur) dengan dasar yuridis yang dimiliki.  Artinya seseorang dapat menjadi manajer jika mempunyai dasar yuridis yaitu adanya surat keputusan atau surat pengangkatan.  Sedangkan pemimpin (leader) kekuasaan yang dimiliki berdasarkan kontrak  sosial dengan anggota atau bawahan.
Berkaitan dengan bawahan, manajer memiliki bawahan yang biasanya disebut sebagai staf atau karyawan yang memiliki posisi formal dalam struktur hierarki organisasi.  Bawahan atau karyawan menuruti perintah-perintahmya, karena takut dikenakan hukuman oleh manajer.  Sedangkan Pemimpin (leader) memiliki bawahan yang biasanya disebut sebagai pengikut.  Bawahan atau pengikut menjalankan perintah dari pimpinan (leader) atas dasar kewibawaan pemimpin terhadap bawahan atau pengikutnya karena kecakapan dan kemampuan serta perlakuannya yang baik.
Adapun dari segi lingkungan kerja, manajer biasanya hanya dapat memimpin pada lingkungan kerja organisasi formal saja dan bertanggung jawab kepada atasannya.  Sedangkan pemimpin (leader) dapat memimpin lingkungan kerja organisasi baik formal maupun informal dan bertanggung jawab kepada anak buahnya.   Seorang pemimpin (leader) merupakan bagian dari pengikut sedangkan manager merupakan bagian dari organisasi.
Berdasarkan hal tersebut dapat dipahami bahwa pimpinan (leader) memiliki fungsi dasar  mengarahkan dan menggerakkan seluruh bawahan untuk bergerak pada arah yang sama yaitu tujuan. Sedangkan fungsi seorang manajer berkaitan dengan manajemen, yaitu kegiatan-kegiatan seputar perencanaan (planning), pengorganisasian (organising), penempatan staff (staffing), pengarahan (directing) dan kontrol (controlling). Dalam menjalankan fungsinya, seorang manajer lebih sering memanfaatkan wewenang dan kekuasaan jabatan secara struktural yang memiliki kekuatan mengikat dengan dapat melakukan paksaan atau hukuman untuk mengarahkan bawahan. Sedangkan seorang pemimpin (leader) lebih menekankan pengaruh atau karisma yang dimilikinya sehingga bawahan secara sadar untuk mengikuti arahan sang pemimpin. Ia menstimulasi, memfasiltasi, dan berpastisipasi dalam setiap kegiatan yang menginginkan bawahan mengikutinya. Tidak dengan hadiah, paksaan atau hukuman.
Pemimpin dan manajer merupakan salah satu intisari, sumber daya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi ataupun perusahaan.  Bagaimana kreativitas dan dinamikanya seorang pemimpin atau manajer dalam menjalankan wewenangnya akan sangat menentukan apakah tujuan organisasi atau perusahaan tersebut dapat tercapai atau tidak.  Hal yang perlu di tekankan adalah bahwa tidak selamanya manajer buruk dan pemimpin adalah baik.  Perlunya kombinasi dan campuran yang tepat di antara keduanya, sangat dibutuhkan dalam organisasi, pada berbagai tingkat jabatan yang berbeda-beda.  Sehingga organisasi yang tengah dijalani dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Daftar Pustaka
Sumber buku:
Hasibuan, Malayu S.P, Drs, H., Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, Edisi Revisi, 2007.
James AF, Stoner, R. Edward Freeman, Daniel R. Gilbert JR.  Management. Englewood  Cliffs, N.J:      Prentice Hall, 1996.
Sukarno K.  Dasar-dasar Manajemen.   Jakarta: CV Telaga Bening, 1968.

Sumber internet:
Yudiana, Yunyun, Drs, M.Pd.  Kepemimpinan” Dikutip dari pendapat Bennis (1989), diunduh dari http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196506141990011YUNYUN_YUD ANA/Materi_LDKM.pdf.  Pada: Senin, 7 mei 2012; pukul 11.30 WIB.
---------“Manajer dan Peran Manajer”ocw.usu.ac.id/ppsdm_slide_manajer_dan_peran_manajer.pdf.     Diunduh pada: Selasa, 8 Mei 2012; pukul 22.43 WIB.
---------“Perbedaan Pemimpin dan Manajerhttp://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/perbedaan      pemimpin-dan-manajer/.  Diunduh pada Selasa, 8 Mei 2012; pukul 22.00 WIB.
Ikhwanalim.“Leader Versus Manajer”. www.papanputih.com/2010/10/leader-versus-manager.html.       Diunduh pada: Selasa, 8 Mei 2012; pukul 20.30 WIB.
--------“Beda Pemimpin dan Manajerhttp://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisni/177-manajemen/9852 beda-pemimpin-dan-manajer.html.  Diunduh pada: Selasa, 8 Mei 2012; pukul 22.53 WIB.




[1] Drs. Yunyun Yudiana, M.Pd.  Kepemimpinan” dmerupakan pendapat dari Bennis (1989)                http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196506141990011-YUNYUN_YUDIANA/Materi_LDKM.pdf.  Pada:       Senin, 7 mei 2012; pukul 11.30 WIB.

23 komentar:

  1. kerenn, penjelasannya mudah dimengerti ..
    thank's ..

    BalasHapus
  2. Terima kasih gan atas artikelnya. Saya kebetulan juga menulis hal yang mirip, ini artikelnya di website saya: http://www.abunawas-oye.com/?p=406

    Ditunggu kunjungan baliknya, gan.

    BalasHapus
  3. Hai gan, kebetulan saya juga mempunyai info nih tentang perbedaan leader dengan manajer, bias lihat disini
    https://dewanstudiomediadigital.wordpress.com/2015/07/02/apa-bedanya-leader-dengan-manager-dimanakan-posisi-anda/

    BalasHapus
  4. terima kasih. Bisa menjadi referensi yang baik untuk pengembangan diri

    BalasHapus
  5. PERBEDAAN ANTARA MANAJER DAN PEMIMPIN
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/perbedaan-antara-manajer-dan-pemimpin.html

    BalasHapus
  6. PERBEDAAN ANTARA MANAJER DAN PEMIMPIN
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/perbedaan-antara-manajer-dan-pemimpin.html

    BalasHapus
  7. Buy Twitter FollowersTwesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now."

    BalasHapus
  8. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will look brillant.

    BalasHapus
  9. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    BalasHapus
  10. Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
    and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

    Click Here

    BalasHapus
  11. Successful social media platforms such as Instagram downloader are also visit hereemploying the algorithms of AI.

    BalasHapus
  12. You need to organize your tasks and do only one thing at a time as they say that the passenger of two boats is prone to be drowned then visit here.

    BalasHapus
  13. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here

    BalasHapus
  14. i like your article and you may know about electronics shops in dubai by visiting our site

    BalasHapus
  15. Kala Lending, LLC was established in March 2009. We want to be your one stop shop to help you in meeting your goals for almost any type of loan that you may need. Explore more about us byVisiting our site

    BalasHapus
  16. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    BalasHapus
  17. How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks
    only 0.01% Players know about this training. Only Headshot Training.

    How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks

    BalasHapus
  18. SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks


    SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks

    BalasHapus